Perjalanan Klub Indonesia di Kancah Tertinggi Asia

Dalam sepak terjangnya klub di Liga Indonesia mungkin kurang begitu memuaskan, terutama diajang tertinggi Liga Champions Asia. Namun meski begitu prestasi yang cukup lumayan saat tampil di AFC Cup (Kasta ke-2 Asia). Berikut perjalanan klub Indonesia yang pernah berprestasi diajang kedua Asia tersebut sepanjang masa.

Kiprah Klub Indonesia di Kompetisi Asia – Perjalanan Klub Indonesia

PSM Makassar – Perjalanan Klub Indonesia

Perjalanan Klub Indonesia di Kancah Asia

Mungkin dari sekian banyak klub yang ada di Indonesia mungkin hanya PSM saja yang pernah berjaya diajang Liga Champions Asia.

Hal tersebut terjadi pada musim 1999/2000 yang saat itu masih adanya sosok Kurniawan Dwi Yulianto. Yang merupakan pemain legenda Indonesia.

Dimusim tersebut tim mampu tampil hebat dan mampu mengalahkan lawan berat. Diantaranya wakil Vietnam Lam Nge Ahn dan Royal Thai Air Force yang merupakan wakil Thailand.

Dari 4 kali bermain PSM sukses raih 3 kemenangan dan hanya 1 kali imbang. Hasil tersebut tentunya membuat klub dari kota Makassar tersebut berhak melaju.

Namun pada babak berikutnya sepertinya memang tim asal Indonesia belum bisa berbicara banyak. Tim harus mengakui klub besar asal Asia khususnya Jepang dan Korea.

PSM harus kalah bersaing saat jumpa Shandong Luneng wakil dari Tiongkok, Suwon Samsung Bluewings wakil dari Korea Selatan dan Jubilo Iwata dari Jepang.

Namun ini menjadi klub tertua dan sangat disegani karena menjadi satu-satunya klub asal Indonesia yang bisa melaju hingga babak tersebut.

Persipura Jayapura РPerjalanan Klub Indonesia

Perjalanan Klub Indonesia di Kancah Asia 1

Untuk yang satu ini pastinya sudah tidak perlu lagi diragukan kekuatannya di kancah Indonesia. Tercatat tim yang digawangi oleh Boaz Solossa ini sudah 4 kali juara Liga Indonesia.

Hal tersebut layak membuat tim tampil di kasta tertinggi Asia Liga Champions Asia. Namun sayang kiprahnya sangat miris dan harus menelan kekalahan di babak playoff 2014 silam.

Namun meski begitu tim langsung tampil di ajang AFC Cup dan mampu berbicara lebih. Pada tahun tersebut tim Mutiara Hitam sukses mencapat babak semifinal

Bahkan tim yang saat ini diasuh oleh Jackson F. Tiago tersebut sukses kalahkan sang juara bertahan Kuwait SC dibabak perempat final.

Namun lagi-lagi kekuatan dari negara seperti negara Asia besar lainnya. Tim harus kandas ditangan Al-Qadsia SC.

Semen Padang – Perjalanan Klub Indonesia

Perjalanan Klub Indonesia di Kancah Asia 2

Selain itu juga terdapat tim asal kota Padang, Semen Padang yang pernah menunjukkan kehebatannya diajang AFC Cup.

Bahkan tim mampu mencapai babak perempat final dimusim 2012/2013 lalu. Tim bahkan mampu melaju kebabak 16 besar tanpa harus menelan kekalahan sekalipun.

Semen Padang sukses kalahkan wakil Vietnam SHB Da Nang dibabak 16 besar 2-1. Namun langkah tim harus selesai ditangan tim asal India, East Bengal.

Bahkan yang lebih mirisnya lagi setelah gagal diajang Asia tim harus kehilangan cukup banyak pemain. Ditambah dengan adanya masalah finansial klub.

Dan yang paling miris di musim 2017/2018 tim harus terdegradasi di kasta ke-2 Liga Indonesia usai finsi diposisi 18 klasemen Liga 1 Indonesia.

Arema Indonesia – Perjalanan Klub Indonesia

Perjalanan Klub Indonesia di Kancah Asia 3

Selain itu juga ada Arema Indonesia atau saat ini bernama Arema FC. Bahwa tim asal kota Malang ini pernah berjaya diajang Asia kasta ke-2.

Klub yang satu ini juga pernah merajut asa diajang Liga Champions Eropa. Namun sayang kiprahnya hampir sama dengan Persipura Jayapura yang harus menjadi bulan-bulanan tim lawan.

Hingga akhirnya tim melanjutkan karirnya di ajang AFC Cup. Dan pada musim 2012 lalu tim Singo Edan ini sukses melaju kebabak perempat final hingga pada akhirnya kandas dari tim asal Arab Saudi Al-Ettifaq.

Saat ini kiprah Arema juga sedang naik turun menyusul banyaknya kasus yang ada di per sepakbolaan Indonesia.